2008/08/06

Progressive rock

Genre ini memang cenderung ke Rock tapi tetap aja ada unsur metalnya, yaitu, lagu panjang, lirik berkata ke roh dan setan-setan dan melodi gitar yang panjang. beberapa band Progressive rock ini seperti Genesis, Marillion, Rush, Queen, Jethro Tull. Belakangan sekitar Akhir 80'an barulah muncul genre yang lebih tepat disebut Progressive metal seperti Dream Theater, Queensrÿche, Fates Warning, yang lebih cenderung ke visualisasi.

"Progressive rock, kerap disebut Art Rock, sistesis dari musik rock klasik, folklore dan jazz. Berasal beberapa bagian dari musik, yang mencoba menggabungkan unsur rock dan psychedelic dengan elemen musik klasik, simponi dan kesusastraan." Sekilas keren sekali ini definisi sebuah genre musik, yang membuat banyak orang penasaran, apalagi orang baru seperti saya.

Era progressive rock ditandai dengan munculnya experiment yang unik dalam perkembangan musik rock 'n roll. Progressive rock muncul karena musiknya itu sendiri (meskipun dibangun dari instrumen musik rock "tradisional"), karena proses pengerjaan lagu dan karena sound yang dihasilkan, yang mencoba mendobrak batas-batas musik rock konvensional (rock n roll) dan mulai merambah batas-batas yang mungkin anda semua bisa lakuin waktu memainkan musik ber-genre rock.

Yang membedakan progressive rock dari genre rock yang lain adalah penciptaan komposisi yang 'lebih' dari yang lain, khususnya struktur dasar penulisan sebuah karya musik. Sebagai contoh, durasi lagu-lagu progressive rock biasanya melebihi durasi lagu-lagu rock pada umumnya seperti Yes dengan album Close To the Edge, Genesis dengan Supper's Ready atau Emerson, Lake and Palmer dengan Karn Evil 9-nya. Band progressive rock bergantung pada sound keyboards dan synthesizers bahkan flute dan violin sebagai instrumen yang paling menonjol dibandingkan gitar. Walau kadang mereka menduetkan kedua instrumen tersebut. Dan dalam hal lirik mereka banyak mengambil tema psychedelic drugs, science fiction, fantasi, bahkan sebuah epic. Sementara musik rock n roll tradisional jelas sangat bersandar pada dasar musik blues, progressive rock banyak 'dimasuki' oleh musik klasik daratan Eropa dan sedikit era setelah bob jazz. "Mars" milik Gustav Holtz menjadi acuan konser King Crimson di awal tahun 70-an atau Emerson, Lake and Palmer mencoba memasukkan "Hoedown" (Rodeo Suite) karya Aaron Copeland, meskipun dimainkan lebih cepat dari versi aslinya, atau "Pictures at an Exhibition" karya Modeste Mussorgsky pada repertoire mereka.

Struktur musik progressive rock dibangun dari struktur instrumental klasik, solo yang panjang dan improvisasi dari era setelah bob jazz yang sedikit banyak memberikan gambaran kepada kita pergerakan musik progressive dulu dan sekarang dari kacamata musik rock. Bukan bermaksud menyanjung karya ELP, tapi sebagai contoh saja, bahwa para penikmat musik dan kritikus sempat menyebut mereka sebagai inovator dan musisi jenius karena struktur musik yang mereka peragakan. Apakah ini orisinil? Tentu saja terjadi proses adaptasi dari karya para komposer pendahulu mereka. Namun ide yang mereka suguhkan patut mendapatkan apresiasi dari penikmat musik.

1 comments:

Anonymous said...

salam kenal

kalo cari2 kaos band khususnya art rock
mampir2 di

abur.multiply.com

thanks ya